Pulau Bacan

Photobucket

Pulau Bacan merupakan tempat kota Labuha, ibukota kabupaten Halmahera Selatan.  Pulau Bacan merupakan pulau yang subur dengan  banyak pohon buah-buahan, ikan dan hasil laut seperti rumput laut, mutiara dan teripang dan  kaya dengan hasil perkebunan seperti coklat, kopra, cengkeh dan sekarang ini daerah Bacan Timur  mulai  banyak ditanami pohon pala.

 Gambar 1.Peta Pulau Bacan (Sumber:wikipedia)

            Benteng Barnevald merupakan benteng bersejarah di kota Labuha dan obyek wisata yang menarik. Benteng ini dibangun Portugis untuk menangkis serangan dari Spanyol yang mencoba datang ke tempat ini. Benteng ini dibangun pada tahun 1558, sempat digunakan tentara Belanda dan dipugar pada tahun 1609.Benteng ini masih tegak berdiri, diselimuti oleh semak belukar serta beberapa pohon beringin besar. Di dalam benteng terdapat 4 buah meriam yang sebagian sudah rusak.
Gambar 2.  Benteng Barnevald
            Berdiri di atas benteng terdapat pemandangan teluk dengan rumah-rumah kayu yang dibangun di atas tonggak-tonggak dari dasar permukaan air yang dihuni oleh suku Bajo dan pemandangan air laut yang sangat jernih sehingga ikan dan karang di dasar dapat terlihat dengan jelas.

Gambar 3.  Benteng Barnevald