Batu Bacan Warna Merah yang Langka

Photobucket

Batu bacan yang banyak dikenal masyarakat pecinta batu adalah warna hijau , kuning, susu, kembang dan biru. Batu bacan warna merah sangat jarang ditemukan/langka. Di Bacan sekarang ini batu asli Bacan sangat susah ditemukan karena batu bacan yang ada sudah banyak disimpan dan dibooking oleh pembeli Luar Negeri dan turis mancanegara apalagi setelah wisata internasional Sail Morotai 2012. Untungnya saya langsung berhubungan dengan penambang sehingga kami bisa mendapatkan bahan dan mengkoleksi atau menjual batu bacan.

Di Jakarta sekarang ini mulai marak penipuan batu bacan. Batu bacan yang dijual banyak palsu. Banyak orang yang tertipu dengan keaslian batu bacan karena menyangka batu bacan yang dibeli tampak sangat bening atau jernih dan kristal adalah batu yang bagus dan super padahal hanya batu akik saja.Hati hati dengan harga batu bacan yang murah. Kalau di Bacan sendiri, harga satu mata cincin saja yang kualitas batunya yang proses banyak warna dan butuh waktu untuk bening harganya mencapai satu juta. Di luar batu bacan sebagai contoh batu akik batu kristal sangat bening, sedangkan batu bacan adalah batu hidup atau batu proses, yang awalnya biasa saja dilihat dan ada bercak bisa berubah menjadi bening. Batu bacan yang proses biasanya lebih dari satu warna tapi proses beningnya menjadi satu warna. Sebagai contoh, Batu bacan proses awalnya adalah hitam dengan titik hijau tapi batu tersebut akan menuju satu warna adalah hijau. Batu bacan yang susah ditemui juga adalah Batu bacan yang pertama kali penampakan mata hitam pekat, disenter atau kena cahaya tampak berwarna hijau tua.

Begitu juga dengan bongkahan bacan warna merah yang saya jual (Gambar di bawah). Penamapakan pertamanya adalah batu campuran beberapa warna tapi dominan warna merah darah, seiring dengan waktu batu tersebut proses menjadi bening satu warna merah karena batu disenter berwarna merah.


One comment

  1. Chris says:

    Wohh precisely what I was searching for, regards for putting up.